Kemunculan Windows 8 menimbulkan banyak perbincangan seputar kekurangan dan kelebihan produk tsb : Berawal dari bocornya fitur baru windows 8 seperti penambahan ribbon UI pada windows explorer, layar start baru dll, pada waktu windows 8 sedang masih dalam tahap pengembangan.
Menurut wikipedia, Windows 8 adalah nama kode untuk versi selanjutnya dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD.
Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard. Sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat Tablet sentuh.Sekarang Windows 8 akan datang dalam dua variasi yang bekerja pada desktop/laptop, dan versi baru untuk mikroprosesor ARM tablet, smartphone, dan perangkat lainnya. Fitur antarmuka keduanya benar-benar baru, dengan gaya yang dinamakan Microsoft sebagai ”Metro”.
Syarat hardware agar mampu menjalankan windows 8 masih sama dengan syarat yang Imagedipakai untuk menjalankan windows 7, bahkan disebutkan bahwa windows 8 lebih ringan dan mempunyai proses instalasiyang sangat cepat dibandingkan dengan windows 7 atau versi sebelumnya, Spesifikasinya adalah sebagai berikut :

  • Prosesor: 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat 32-bit (x86) atau 64-bit (x64)
  • RAM: 1 gigabyte (GB) RAM (32-bit) atau 2 GB RAM (64-bit)
  • Hard disk space: 16 GB Tersedia ruang hard disk (32-bit) atau 20 GB (64-bit),
  • Kartu grafis: Perangkat grafis DirectX 9 dengan WDDM 1.0  ketas.

Keunggulan dari windows 8 yang masih dalam versi beta

  1. Keberadaan layar sentuh. multitouch. yang lebih cocok dan mampu bekerja pada tablet maupun laptop/PC.
  2. Kesamaan software. Windows 8 tetap akan menjalankan software yang cocok/kompatibel dengan versi Windows sebelumnya, disesuaikan dengan pembatasan yang sama dengan Windows 7: Windows 8 64-bit akan dapat menjalankan perangkat lunak 64-bit dan 32-bit sedangkan Windows 8 32-bit akan dapat menjalankan perangkat lunak 32-bit dan 16-bit (meskipun beberapa perangkat lunak 16-bit mungkin perlu diatur kompatibilitasnya agar  mampu diterapkan).
  3. Tingkat keamanan yang lebih baik untuk menanggulangi. Windows 8 dikatakan memiliki fitur keamanan yang lebih menjanjikan baik untuk melawan serangan virus. fitur windows defender akan lebih ditingkatkan untuk mencegah adanya virus yang masuk.
  4. Aplikasi Metro bisa cross-kompatibel dengan x86 / 64 dan Windows sistem berbasis pada ARM, atau disusun untuk mendukung arsitektur tertentu.
  5. Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Windows Store menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.
  6. Internet Explorer 10 yang lebih baik. Internet Explorer 10 berjanji akan membawa perubahan besar dari versi IE sebelumnya. Diklaim menjadi browser yang sangat ramah digunakan baik dalam tablet maupun PC.

Kekurangan yang hangat diperbincangkan

  1. Windows pada prosesor ARM ( Windows RT ) hanya akan mendukung aplikasi yang disertakan dengan sistem (termasuk beberapa aplikasi Office 15 desktop), yang disediakan melalui Windows Update, atau aplikasi Metro diperoleh melalui Store Windows. Windows pada ARM tidak akan mendukung berjalan, meniru, atau port yang ada x86/64 aplikasi desktop untuk menjamin kualitas aplikasi yang tersedia pada ARM.
  2. Untuk mengakses Toko Windows dan untuk men-download dan menjalankan aplikasi, Anda membutuhkan koneksi internet aktif dan resolusi layar minimal 1024 x 768.
  3. Hilangnya tombol start yang sudah nyaman digunakan oleh banyak orang dan diganti dengan fitur baru, sebenarnya tombol start ini bisa dibuat sendiri namun mestinya akan sulit dilakukan oleh mereka yang tidak begitu ahli.http://nandabox.blogspot.com/
Advertisements