Augmented reality adalah penggabungan visualisasi nyata dengan hasil pengolahan teknologi yang digunakan secara “overlay” antara hasil manipulasi data dengan kenyataan. Augmented reality dapat digunakan untuk sebagai sistem navigasi, hiburan dan sebagainya.

Contoh Augmented Reality : pengguna smartphone dapat bermain menggunakan kameranya yang dihadapkan dengan sebuah QR code yang akan memunculkan sebuah animasi 3D untuk dapat dimainkan dimana latar belakang yang digunakan tetap sesuai dengan kenyataan, atau penggunaan sistem navigasi jalan yang sesuai dengan kenyataan.

Virtual reality adalah sebuah konsep yang memanfaatkan teknologi yang memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer yang menciptakan sebuah lingkungan virtual yang digunakan sebagai sarana hiburan, pendidikan, pelatihan, atau desain. Virtual reality biasanya memanfaatkan indera yang dimiliki manusia, dan yang paling umum digunakan adalah penglihatan, pendengaran, dan peraba.

Sebagai contoh : virtual reality khusus pelatihan pilot, calon pilot dilatih menggunakan sistem yang didesain semirip mungkin dengan teknologi yang ada pada pesawat terbang sesungguhnya. Calon pilot akan dihadapkan langsung dengan suasana kokpit pesawat terbang dan menerima interaksi dengan layar seolah-olah sedang menerbangkan pesawat terbang secara nyata.